PLEASE HELP U.S. MAKE AVAILABLE AS ADVERTISING CLICK YOUR DONATION

Jenis Jenis Obat Jantung


Obat kardiovaskuler atau yang lebih dikenal dengan obat jantung terbagi dari 5 kategori besar yaitu :
  1. Obat gagal jantung
  2. Obat jantung untuk aritmia/antiaritmia
  3. Obat jantung untuk hipertensi/antihipertensi
  4. Obat jantung untuk angina/antingina
Sering kali obat jantung perlu dikombinasi dengan obat-obat lain yang mengobati gejala lainnya.Misalnya untuk mengurangi penimbunan cairan, bisa diberikan obat diuretik untuk menambah pembentukan air kemih dan membuang natrium dan air dari tubuh melalui ginjal. Mengurangi cairan akan menurunkan jumlah darah yang masuk ke jantung sehingga mengurangi beban kerja jantung. Pemberian diuretik sering disertai dengan pemberian tambahan kalium, karena diuretik tertentu menyebabkan hilangnya kalium dari tubuh; atau bisa digunakan diuretik hemat kalium.
  1. Obat gagal jantung
    Obat gagal jantung jenis Digoxin meningkatkan kekuatan setiap denyut jantung dan memperlambat denyut jantung yang terlalu cepat.
  2. Obat jantung jenis antiaritmia
    Ketidakteraturan irama jantung (aritmia, dimana denyut jantung terlalu cepat, terlalu lambat atau tidak teratur), bisa diatasi dengan obat jantung jenis antiaritmia.
  3. Obat jantung jenis antihipertensi
    Sering digunakan obat jantung jenis antihipertensi yang melebarkan pembuluh darah (vasodilator), yang bisa melebarkan arteri, vena atau keduanya. Pelebar arteri akan melebarkan arteri dan menurunkan tekanan darah, yang selanjutnya akan mengurangi beban kerja jantung.
    Pelebar vena akan melebarkan vena dan menyediakan ruang yang lebih untuk darah yang telah terkumpul dan tidak mampu memasuki bagian kanan jantung.
    Hal ini akan mengurangi penyumbatan dan mengurangi beban jantung.
    Obat jantung jenis antihipertensi yang paling banyak digunakan adalah ACE-inhibitor (angiotensin converting enzyme inhibitor).
    Obat ini tidak hanya meringankan gejala tetapi juga memperpanjang harapan hidup penderita.
    ACE-inhibitor melebarkan arteri dan vena; sedangkan obat terdahulu hanya melebarkan vena saja atau arteri saja (misalnya nitroglycerin hanya melebarkan vena, hydralazine hanya melebarkan arteri).
  4. Obat jantung jenis antiangina
    Obat jantung untuk mengatasi angina pektoris (merupakan nyeri dada sementara atau suatu perasaan tertekan, yang terjadi jika otot jantung mengalami kekurangan oksigen ) ada beberapa yang sering dipakai yaitu:
    • Obat jantung jenis beta blocker
    • Obat jantung golongan Nitrat misalnya nitroglycerin
    • Obat jantung jenis Antagonis kalsium
    • Obat jantung jenis antiplatelet misalnya Aspirin
Untuk pemilihan obat jantung yang tepat ada baiknya anda harus periksakan diri dan konsultasi ke dokter spesialis jantung.
Di apotik online medicastore anda dapat mencari obat jantung dengan merk yang berbeda dengan isi yang sama secara mudah dengan mengetikkan di search engine medicastore. Sehingga anda dapat memilih dan beli obat jantung sesuai dengan kebutuhan anda.
Jenis Jenis Obat Jantung 9 Out Of 10 Based On 10 Ratings. 9 User Reviews.
Share 'Jenis Jenis Obat Jantung' On ...

Ditulis oleh: Indra Siagian - Rabu, 16 November 2011

Belum ada komentar untuk "Jenis Jenis Obat Jantung"

Poskan Komentar

Warning !!!

Komentar anda tidak boleh mengandung unsur :
1. Penghinaan,Rasis atau Pelecehan
2. Spamming (Spam Coments)
3. Link Iklan,Ads,etc
4. Link aktif atau text anchor dan sejenisnya.

Tulislah setiap kata dengan penuh makna kesopanan.
Salam sejahtera Pimituhhrasfah