Tiga Mitos Tentang Wanita Karir

The Most Unfair Cities to Be a Working Woman: Gender Pay Gap by the NumbersWanita karir telah menjadi kekuatan ekonomi yang tumbuh selama tiga dekade terakhir, seiring makin banyaknya wanita yang lulus dari perguruan tinggi, bekerja dan memengaruhi keputusan pengeluaran rumah tangga.

Beberapa indikator, bagaimanapun, menunjukkan bahwa pendapatan ekonomi wanita sangat terbatas. Menurut sebuah penelitian, gaji perempuan 23 persen lebih rendah daripada pria. Kesenjangan ini telah menghasilkan perdebatan sengit tentang kebijakan kerja, prioritas keluarga dan perubahan terkait menjadi ibu.


Berikut adalah tiga gagasan tentang wanita karir yang mungkin perlu dikaji ulang:


Wanita digaji jauh lebih sedikit dibandingkan pria. 

Secara total ini benar, tapi sebuah survei oleh Payscale di Amerika menemukan, kesenjangan gaji tidak terlalu besar antara pria dan wanita di tingkat pengalaman yang sama, bekerja pada bidang dan tempat yang sama, memiliki keterampilan dan sertifikasi yang sama. 

Di antara pekerja non-manajerial, Payscale menemukan tidak ada kesenjangan gaji, pada pekerjaan yang sama. Pada tingkat yang lebih senior, wanita mendapat penghasilan agak lebih sedikit dari laki-laki, namun kesenjangan terbesar hanya 8,5 persen, jauh lebih rendah dari yang sering disebutkan (23 persen). 


Dan kesenjangan itu mungkin diakibatkan eksekutif pria memiliki jam kerja yang lebih banyak, perjalanan dinas yang lebih banyak dan menghabiskan lebih banyak waktu dengan klien daripada rekan-rekan perempuan mereka, yang sulit untuk dihitung di antara karyawan biasa.


Perempuan cenderung berpenghasilan lebih rendah secara keseluruhan karena mereka lebih cenderung untuk bekerja di bidang-bidang seperti kesehatan, pendidikan dan pekerjaan sosial yang memberikan penghasilan lebih sedikit dari bidang yang didominasi laki-laki seperti bidang perdagangan, teknik dan jasa keuangan. 


Namun perempuan tidak masuk ke angkatan kerja secara membabi buta, dan mereka bisa berkompromi. "Wanita mempertimbangkan banyak faktor dan bukan hanya tentang uang," menurut Katie Bardaro, ekonom utama Payscale. "Banyak perempuan memilih pekerjaan dengan tingkat fleksibilitas tertentu." Dan itu, kebetulan, sering menguntungkan pria dalam hidup mereka.


Perempuan jangan “berusaha keras”. 

Eksekutif Facebook (FB) Sheryl Sandberg mendorong perempuan menjadi lebih agresif untuk terus maju dalam buku terlaris baru-baru ini "Lean In”. Namun asumsi bahwa perempuan yang bekerja lebih pemalu daripada rekan-rekan pria mereka adalah hal yang tidak cukup tepat. 

Payscale menemukan bahwa perempuan juga meminta kenaikan gaji seperti pria pada setiap tingkat pendapatan sampai $100 ribu (sekitar Rp980 juta) — dan sedikit lebih banyak dalam beberapa kasus. Begitu wanita menjadi lebih senior, mereka juga menjadi lebih mungkin untuk meminta kenaikan gaji, tapi pria melebihi mereka pada agresivitas saat mereka meniti tangga karier. Jadi pesan bagi wanita ambisius adalah, semakin Anda berusaha keras semakin Anda maju.


Perempuan hanya bisa bekerja baik pada industri yang "didominasi perempuan". 

Perbedaan besar dalam proporsi laki-laki dan perempuan dalam berbagai bidang menunjukkan bahwa beberapa wanita mungkin sengaja menghindari industri yang didominasi laki-laki, mungkin karena mereka merasa mereka tidak akan diinginkan. 

Namun data Payscale memperlihatkan, perempuan di beberapa industri yang didominasi pria mendapat penghasilan yang sama seperti rekan kerja yang lain. Dalam pekerjaan seperti manajer keamanan, drafter mekanik, insinyur mesin, asisten teknologi informasi, teknisi komputer dan insinyur sipil, Payscale menemukan tidak ada kesenjangan upah sama sekali. Dan dalam banyak industri lain, kesenjangan gaji sangat sedikit.


Perempuan masih menghadapi kenyataan menjadi satu-satunya jenis kelamin yang mampu melahirkan anak, yang jelas dapat mengganggu karir, tidak peduli apa pun yang ditunjukkan oleh data.


Namun, wanita muda yang memilih karir mungkin memiliki pilihan lebih baik dari yang mereka sadari. Dan wanita yang lebih mapan dalam karir akan dihargai lebih. Tak lama lagi, mungkin prialah yang harus lebih berusaha keras.
Tiga Mitos Tentang Wanita Karir 9 Out Of 10 Based On 10 Ratings. 9 User Reviews.
Share 'Tiga Mitos Tentang Wanita Karir' On ...

Ditulis oleh: Pimituhhrasfah - Minggu, 09 Juni 2013

Belum ada komentar untuk "Tiga Mitos Tentang Wanita Karir"

Posting Komentar

Warning !!!

Komentar anda tidak boleh mengandung unsur :
1. Penghinaan,Rasis atau Pelecehan
2. Spamming (Spam Coments)
3. Link Iklan,Ads,etc
4. Link aktif atau text anchor dan sejenisnya.

Tulislah setiap kata dengan penuh makna kesopanan.
Salam sejahtera Pimituhhrasfah